life style perhiasan palladium yang disukai selebriti dunia

PERHIASAN paladium menjadi tren di kalangan selebriti dunia. Bahan perhiasan tersebut merupakan sejenis logam mulia yang memiliki titik didih lebih tinggi dari emas dengan kontur padat, namun harganya lebih murah dibanding emas.

Di ajang Emmy awards beberapa waktu lalu, aktris Christina Hendricks tampil serbamewah, dengan mengenakan sepasang anting dan cincin berkilau yang melingkar di jari manisnya. Bedanya, perhiasan yang dikenakan itu bukan terbuat dari perak, emas, atau platinium, melainkan paladium, sejenis logam mulia yang mulai tren di kalangan sosialita dan selebriti dunia.

Paladium sebenarnya merupakan salah satu logam mulia yang memiliki titik didih lebih tinggi dari emas, kontur yang lebih padat, namun harganya lebih murah dibanding emas atau platina. Sama seperti logam mulia lainnya, paladium dapat dibentuk menjadi cincin, gelang, kalung, liontin, anting, atau jenis perhiasan lainnya.

Paladium pun tidak lebih populer dari emas dan berlian sehingga banyak orang yang belum mengetahuinya. Itu wajar karena paladium termasuk benda berharga yang agak sulit ditemukan dalam bentuk logam asli dan hanya dijual secara eksklusif di toko perhiasan.

Tak hanya dijadikan perhiasan, material paladium sering digunakan dalam proses produksi barang-barang elektronik dan automotif, di antaranya televisi, telepon genggam, komputer, dan mobil. Dari 300 ton paladium yang dihasilkan setiap tahunnya, kini sebagian besar dipakai untuk membuat perhiasan.

Kehadiran perhiasan paladium memang cukup menggairahkan di saat kondisi ekonomi dunia saat ini sedang mengalami krisis.Para wanita tetap bisa tampil cantik dan elegan dengan perhiasan yang harganya lebih miring ketimbang emas, platina, dan berlian. Jelas saja, paladium makin diburu oleh sebagian besar wanita, khususnya ibu rumah tangga yang memiliki penghasilan terbatas.

“Harga emas 18 karat di pasaran kini sudah melambung tinggi dan hampir menyamai harga platina dan berlian. Paladium hadir menjadi alternatif yang tepat,’’ ujar perancang perhiasan Hertfords, Harriet Kelsal pada dailymail

Lantaran itu, permintaan paladium meningkat drastis di sejumlah toko perhiasan, khususnya di kawasan Eropa dan Amerika. Bahkan, jumlahnya bisa melebihi permintaan terhadap emas kuning dan emas putih.

“Setelah saya hitung, lebih dari setengah produk cincin kami saat ini terbuat dari logam paladium,” tutur pengusaha perhiasan Alex Goodman dari Goodman Morris yang cukup sering memberikan saran kepada konsumen untuk memilih paladium.

Ini bukan berarti paladium murahan atau tidak bernilai apa-apa. Bukan juga sekadar alternatif perhiasan saja, tapi lebih dari itu. Jika ingin melihat status dari paladium, maka kita bisa membuktikannya dari organisasi yang mengurusi produk unggulan Inggris,The British Hallmarking Council.

Pada 2010 paladium diakui sebagai logam mulia keempat bersama emas, perak, dan platina. Ini berarti bahwa setiap paladium yang dijual di Inggris harus sudah memiliki sertifikat yang menunjukkan keaslian dan bahan- bahan yang terkandung di dalamnya.


Hingga kini lebih dari 30.000 jenis paladium yang telah tersertifikasi resmi. Ini menunjukkan telah terjadi peningkatan signifikan terhadap permintaan perhiasan paladium.

Lalu, bagaimana bentuk paladium? Sekilas, paladium berwarna abu-abu keperakan, hampir tidak ada bedanya dengan platina. Namun, warna asli dari paladium jauh lebih awet dan tidak mudah rusak atau memudar seperti yang sering terjadi pada perak atau emas putih yang dilapisi logam rodium.

“Beratnya hanya setengah dari platina dan dua pertiga dari emas putih 18 karat sehingga bisa dengan mudah mengaplikasikannya pada bentuk cincin kawin ,cincin pria dan perhiasan lainnya

model cincin paladium 
merawat perhiasan 
kelebihan perhiasan paladium 

Komentar (0)

Posting Komentar